saco-indonesia.com, Kepolisian Daerah Sumatera Utara telah menahan FD, adik Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi. FD diduga telah terlibat korupsi pengalihan lahan untuk fasilitas umum menjadi lokasi Balai Benih Induk.

"Mulai Senin pukul 20.00 WIB malam , FD telah resmi kami tahan," kata Direktur Reskrim Khusus Polda Sumut Kombes Pol Dono Indarto di Medan, Senin (23/12). Demikian dilansir dari Antara.

Penahanan tersebut juga merupakan kelanjutan proses penyidikan 1atas kasus dugaan korupsi tersebut setelah penahanan Sekdakab Nias Selatan AL dan Asisten I Pemkab Nias Selatan FS. FD diduga juga ikut serta dalam mengalihkan proyek pengadaan lahan untuk fasilitas umum tersebut menjadi Lahan Balai Benih Induk (BBI).

Dugaan korupsi tersebut telah berawal ketika Pemkab Nias Selatan menganggarkan dana Rp 10 miliar dari APBD tahun 2012 guna pembelian lahan yang diperuntukan perkantoran dan fasilitas umum.

Namun, anggaran untuk pengadaan fasilitas umum tersebut telah dialihkan menjadi pengadaan Balai Benih Induk dan menyerahkan pemegang proyek kepada FD. Akibat kebijakan tersebut, negara diperkirakan telah mengalami kerugian sekitar Rp9,4 miliar.

"Kami juga masih harus mendalami dan mengembangkan penyidikan. Jika ditemukan bukti, siapapun kita lakukan tindakan sama sesuai hukum," katanya.

Direktorat Reskrim Khusus Polda Sumut menahan Sekdakab Nias Selatan AL dan Asisten I Pemkab Nias Selatan FS pada Kamis (19/12).


Editor : Dian Sukmawati

ADIK BUPATI NIAS SELATAN DITAHAN

Artikel lainnya »