Bekasi, Saco-Indonesia.com - Dengan lamana dan derasnya hujan yang mengguyur kawasan kawasan Jakarta sejak kemarin menenggelamkan rumah warga di pinggiran Kali Ciliwung, terutama di kawasan Kramatjati dan Kalibata. Banjir setinggi 4 meter lebih membuat warga di dua daerah itu mengungsi.

Pantauan merdeka.com, puluhan warga mengungsi di pinggir-pinggir jalan, misalnya di Jalan Raya Condet, Dewi Sartika, dan Jalan Raya Kalibata. Mereka mengangkut perkakas rumah tangga, kemudian menaruhnya di emperan-emperan toko.

Hingga kini, menurut Rio, salah satu pengungsi, warga Kramatjati, Kelurahan Cililitan, Kecamatan Kramatjati, belum ada bantuan makanan dari pemerintah DKI. "Ini baru makan seadanya. Belum ada bantuan dari pemerintah," katanya sambil menunjukkan nasi bungkus di tangannya, Senin (13/1).

Rio dan keluarganya mengevakuasi sendiri barang-barang rumah tangganya mulai kemarin, Minggu (12/1) siang. Sebab sejak Minggu siang sekitar pukul 12.00 WIB, ari Kali Ciliwung sudah mulai naik. Kemudian sore hari mulai merendam rumah warga.

"Sore kemarin sudah setinggi ini, empat meter," ujarnya. Warga bergotong-royong mengevakuasi sendiri barang-barang mereka. Di pengungsian, beberapa anak nampak sibuk meminta sumbangan di tengah jalan kepada para pengendara motor.

Siang ini, sejumlah tenda baru nampak di pasang untuk pengungsi. Misalnya pemasangan tenda di Jalan Dewi Sartika. Di Jalan itu juga mulai di pasang posko banjir oleh warga sekitar.

Dampak banjir di kawasan Kramatjati menyebabkan arus lalu lintas tersendat. Jalan Raya Condet yang sempit, sempat macet total tadi pagi sepanjang 2 kilometer.

Kemudian Jalan Raya Dewi Sartika yang sehari-hari sudah macet, kian parah dengan adanya pengungsi. Belum lagi ketika hujan mengguyur, ditambah pengendara parkir seenaknya di pinggiran jalan untuk berteduh.

Sumber:Merdeka.com

Editor : Maulana Lee

Bagian Wilayah Jakarta Banjir 4 meter lebih rendam rumah warga Kramatjati & Kalibata

Artikel lainnya »