Makkah
MAKKAH merupakan  sebuah kota utama yang berada di Arab Saudi. mayoritas penduduk di kota MAKKAH rata-rata beragama islam.
Kota MAKKAH merupakan kota yang menjadi tujuan utama kaum muslimin di seluruh penjuru dunia untuk melaksanakan ibadah UMROH dan haji. Di kota MAKKAH terdapat sebuah bangunan utama yang bernama Masjidil haram yang terdapat ka’bah di dalamnya. Ka’bah merupakan sebuah bangunan yang digunakan untuk menjadikan patokan arah kiblat untuk ibadah sholat untuk umat islam di seluruh dunia. Kota MAKKAH merupakan kota suci umat islam, karena di kota MAKKAH merupakan tempat lahirnya nabi akhir zaman yaitu Nabi Muhammad SAW.

Dengan banyaknya umat muslim yang melaksanakan ibadah UMROH di MAKKAH, maka apa UMROH itu?

UMROH
UMROH merupakan salah satu kegiatan ibadah di dalam agama islam.
Ibadah UMROH hampir mirip sekali dengan ibadah haji, ibadah UMROH merupakan ibadah yang dilakukan secara ritual di kota mekkah, khususnya yang bertempat di masjidil haram.
Menurut istilah UMROH yang berarti melakukan tawaf di ka'bah dan sa'i (lari-lari kecil) yang dimula dari shofa menuju MARWAH, sesudah memakai pakaian ihram dari miqat. dan sering juga disebut dengan haji kecil.
Perbedaan UMROH dan haji berbeda pada waktu dan tempat pelaksana'annya. ibadah UMROH bisa dilakukan sewaktu-waktu (setiap hari,bulan, dan setiap tahun) yang hanya dilakukan di kota mekkah, sedangkan haji harus dilakukan pada saat-saat tertentu saja  yaitu mulai tanggal 8 dzulhijjah sampai 12 dzulhijjah dan dilaksanakan sampai keluar kota mekkah.
SYARAT,WAJIB,DAN RUKUN MELAKSANAKAN UMROH DAN HAJI.
1. Memakai pakaian ihram
2. Tawaf.
3. Sai(lari-lari kecil)
4. Memotong rambut pada bagian kepala atau memotong sebagaian.
5. Tertib.
dan ada satu wajib UMROH, yaitu dengan memulai ihram dari miqat.

MACAM-MACAM UMROH.
Adapun beberapa macam tipe UMROH, seperti UMROH yang di gabung pelaksanaanya dengan haji seperti haji tamattu, adapun UMROH yang tidak terkait dengan haji yaitu :
1. UMROH mufradah
2. UMROH tamattu
3. UMROH sunnah

Setelah kita tau pengertian dari UMROH, lalu bagaimanakah tata cara pelaksanaan UMROH ?

TATA CARA PELAKSANAAN UMROH.
1. Jika seseorang akan melaksanakan UMROH disunnahkan untuk mandi besar (janabah) terlebih dahulu, memakai wangi-wangian (jika ada) dan memakai pakaian ihram.
2. Tata cara memakai pakaian ihram. Untuk laki-laki berupa dua lembar kain ihram yang dijadikan sarung dan selendang, Sedangkan untuk wanita memakai pakaian yang telah di’isyaratkan untuk menutupi aurot, tidak ada hiasan dan tidak diperbolehkan memakai sarung tangan.
3. Niat untuk melaksanakan umrah dalam hati dan mengucapkan labbaikallahumma bi'umrotin atau labbaika'umrotan. dan setelah itu bertalbiyah suaranya di keraskan bagi laki-laki, dan dengan suara cukup yang bisa di dengar orang yang berada di sampingnya bagi wanita, dengan mengucapkan labbaikallahumma labbaika laa syarika laka labbaik. innal hamda wan ni'mata laka wal mulk laa syarika laka.

ARTIKEL UMROH

Artikel lainnya »